PanduanIT

 Memiliki perangkat Android tidak selamanya kita akan memakai UI atau ROM dari asalnya sendiri. Di Sistem Android kita bisa mengubah berbagai macam UI dan sistem sendiri yang biasa disebut dengan Custom ROM.

Banyak sekali yang beralih dari pure Android ke Custom ROM android dikarenakan menggunakan Custom ROM akan menjadi lebih ringan daripada pure Android. Custom ROM juga menyediakan kostumasi tampilan UI serta ada beberapa yang memiliki kelebihan di antaranya memiliki fitur keamanan yang kuat serta kostumasi widget yang dapat diubah sesuai keinginan.

Banyak sekali Custom ROM yang dikembangkan dan telah dirilis untuk digunakan di hp Android, mereka memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Saya sudah merangkum beberapa Custom ROM yang bisa anda coba gunakan, dan berikut daftar Custom ROM Android yang bisa anda coba.

Custom ROM Android Terbaik

1. AospExtended (AEX ROM)

Custom ROM Android Terbaik AospExtended (AEX ROM)

Custom ROM ini memiliki banyak sekali fitur yang patut anda coba seperti navigation panel, status bar, dan fitur lainnya yang bisa anda custom sendiri. Custom ROM AospExtended ini selalu menjadi populer bagi kalangan pecinta ROM android.
Lebih dari 1 juta orang telah mengunduh dan menggunakan AEX ROM ini dan telah menjadi favorit orang orang. UI yang smooth serta tema dan font keren membuat ini patut menjadi daftar custom ROM yang bisa anda coba nantinya.

2. Resurrection Remix (RR ROM)

Custom ROM Android Terbaik Resurrection Remix (RR ROM)

ROM ini sangat bagus karena meminjam atau beberapa fitur dari AOSP, LineageOS, SlimRoms, dan Paranoid. Dengan Remix atau penggabungan fitur itu, RR ROM menjadi custom ROM yang bisa dikatakan baik.
Anda bisa mengatur sendiri smartphone android sesuka anda, dan ROM masih melakukan update terus menerus sehingga akan meningkatkan performa ROM sesuai dengan berkembangan teknologi di bidang smartphone.

3. Lineage OS (LOS ROM)

Custom ROM Android Terbaik Lineage OS (LOS ROM)

Lineage OS adalah penerus dari CynagenMod Setelah penghentian CynageMod pada tahun 2016 lalu. Lineage OS menjadi custom ROM yang mendapat perhatian besar dari para pecinta Android.
Tampilan UI hampir mirip dengan stock Android dari Google yang smooth dan juga bersih clean, tentu sama seperti yang lain anda bisa kostumasi sendiri tampilan di ROM ini dan tidak terlalu membutuhkan RAM banyak karena ringan.

4. Paranoid (PA ROM)

Custom ROM Android Terbaik Paranoid (PA ROM)

Merupakan ROM tertua, meskipun tertua akan tetapi memiliki kelebihan seperti stabilitas, keamanan dan kinerja yang tinggi.
Walaupun tua Paranoid tetap menjadi ROM yang patut dicoba karena performanya yang tidak membuat hp menjadi berat atau lag.

5. Pixel Experience

Custom ROM Android Terbaik Pixel Experience

Pada smartphone buatan Google terdapat varian atau merk bernama Google Pixel yang memiliki tampilan aplikasi yang menarik smooth dan clean. Nah dengan menggunakan ROM Pixel Experience ini anda dapat langsung merasakan ROM yang digunakan pada smartphone Google Pixel yang harganya bisa puluhan juta.
Meskipun tidak seunggul Pixel pada umumnya akan tetapi anda dapat mencobanya sendiri untuk merasakan pengalaman experience menggunakan Google Pixel.

6. POSP (Potato Open Sauce Project)

Custom ROM Android Terbaik POSP (Potato Open Sauce Project)

Custom ROM POSP ini bukan dimaksudkan dibuat untuk hp kentang atau low end. Akan tetapi bertemakan keceriaan dan memiliki kostumasi unik yang bisa digunakan agar hp terlihat lebih ceria.
Serta fokus atau tujuan ROM ini dibuat sudah diinfokan pengembangnya yaitu untuk memberikan ketahan baterai hp yang luar biasa irit.
Anda bisa mencoba sendiri keunikan ROM ini dengan mendownload secara gratis di Situsnya.

7. EvolutionX

Custom ROM Android Terbaik EvolutionX

EvolutionX mirip dengan Pixel Experience dikarenakan anda akan mendapatkan pengalaman menggunakan ROM Pixel yang smooth dan clean. Pengembang akan terus mengupdate versi ROM ini, dan terakhir update ROM ini bisa digunakan di Android 10 yang memiliki fitur fitur terbaru.

Memilih Costum ROM

Itulah daftar Costum ROM terbaik untuk pengguna Android yang patut dicoba. Pertimbangan memilih custom ROM adalah sesuai kebutuhan anda apakah untuk Gaming atau Chat biasa yang hanya mengandalkan performa, atau untuk kebutuhan desain yang enak dipandang mata.
Mana yang terbaik, coba saja sendiri dan simpulkan mana yang saat ini anda butuhkan dari segi gaming atau yang lain. 
Bila ada pertanyaan atau tambahan lain bisa berkomentar di bawah.

Cara Memperbaiki Foto Blur Jadi HD Jelas Di Android

Cara Menghilangkan Notifikasi Mengambang Di Atas Layar Saat Bermain Game HP

Cara Merekam Suara Pakai Mic Eksternal

Cara Menghilangkan Notifikasi Iklan Google Chrome di HP Android & iPhone

Cara Melihat Histori Browser Yang Terhapus di Android & PC

Cara Memberi Logo Shot On Kamera Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *