PanduanIT

Sering kali saat bermain game terkadang kita merasakan lag atau patah patah. Ini bukan disebabkan oleh sinyal tetapi hp android yang kurang maksimal.

Cara Mengatasi Lag Game Patah Patah di HP Android

Faktor faktor yang menjadi penentu kinerja hp adalah jumlah penggunaan ram dan cpu di dalamnya. Misal banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang atau menjalankan beberapa aplikasi secara bersama sekaligus, itu akan membuat saat main game menjadi lag dan patah patah.

Spesifikasi sudah lumayan dan tidak dikatanan hp kentang tapi kok masih lag? mungkin anda belum memaksimalkan kinerja hp android anda. Dan berikut adalah cara mengatasi lag di game berat android seperti mobile legend dan pubg mobile.

Mengatasi Lag Game Dengan Memaksimalkan Kinerja HP di Developer Option

Untuk menjalankan game berat seperti PUBG dan Mobile Legend tentunya membutuhkan kinerja maksimal dari sebuah hp. Di aturan awalnya hp tidak disetting secara maksimal, jadi kita harus mengubah agar menjadi maksimal, untuk mengubah kinerja kita harus mengktifkan dulu menu opsi pengembang.
Setelah menu developer option atau opsi pengembang aktif maka ikuti langkah langkahnya dengan benar di bawah ini agar hp menjadi powerful.
  1. Buka menu opsi pengembang, biasanya di Pengaturan Tambahan > Opsi Pengembang
  2. Setelah itu aktifkan opsi pengembang
  3. Setel Ukuran Log Buffer menjadi Mati
  4. Setel Paksa Rendering GPU menjadi Aktif
    Cara Mengatasi Lag Game Dengan Opsi Pengembang Android

  5. Setel Paksa 4x MSAA menjadi Aktif
  6. Setel Batas proses latar belakang menjadi 1 atau tidak ada proses latar
    Cara Mengatasi Lag Game Dengan Opsi Pengembang Android

  7. Selesai.
Dengan pengaturan opsi pengembang seperti diatas maka kinerja hp menjadi maksimal dikarenakan memaksakan proses GPU dan kinerja lain agar lebih maksimal. Dan juga membatasi proses latar belakang menjadi tidak ada atau hanya 1 saja, yang hal ini bisa membuat hp fokus pada 1 aplikasi saja dan akan mendapat performa maksimal.

Mengatasi Lag Patah Patah Game Dengan Game Booster

Mengatasi Lag Patah Patah Game Dengan Game Booster

Bila cara yang pertama ribet, maka alternatif lain adalah menggunakan game booster atau aplikasi tambahan yang berguna memaksimalkan kinerja game yang sedang dimainkan.
Banyak aplikasi game booster yang tersedia gratis di Google Play Store dan kebanyakan gratis. Untuk hp Xiaomi sudah memiliki aplikasi game booster bawaan, jadi tinggal buka aplikasi tersebut dan pilih game yang ingin anda mainkan.
Dan untuk yang tidak ada bawaan game booster maka bisa download di Google Play Store serta cari yang terbaik di sana.
Download Game Booster

Mengatasi Lag Dengan Mengatur Grafik Game

Mengatasi Lag Dengan Mengatur Grafik Game

Grafik game juga paling berpengaruh untuk masalah lag dan patah patah, pastikan grafik game kita buat menjadi Low atau Rendah semuanya. Dan bila ada pilihan FPS maka kita harus mengubah ke FPS yang paling tinggi atau maximum.
FPS yang maksimum atau paling tinggi sangat mempengaruhi lag patah patah game, jadi maksimalkan FPS agar game menjadi lebih smooth.
Untuk HP spesifikasi yang kurang, jangan memikirkan grafik tapi harus memikirkan kinerja game. Jadi tidak usah dibuat grafik menjadi HD, karena hanya akan memberatkan game saja.

Kesimpulan

Itulah cara mengatasi lag pada game di android. Intinya kita harus tau cara memaksimalkan kerja hp android dengan tidak membuka banyak aplikasi dan membatasi proses latar belakang serta memaksimalkan CPU dan GPU hp kita.
Bila cara di atas tidak bekerja maka yang harus anda lakukan menabung untuk mendapat hp baru yang lebih bagus, atau memainkan game yang ringan saja seperti free fire dan yang lainnya.
Bila ada pertanyaan atau tanggapan lain bisa berkomentar di bawah.

Cara Menghilangkan Notifikasi Mengambang Di Atas Layar Saat Bermain Game HP

2 Cara Rekam Internal Audio di Hp Dengan Mudah

2 Cara Agar Tidak Ditelepon Saat Bermain Game

5 Cara Umum Memperbaiki Google Play Store Error

7 Custom ROM Android Terbaik Yang Patut Dicoba

Cara Check IMEI Memastikan HP Asli atau Palsu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *