PanduanIT

Scrcpy merupakan salah satu aplikasi mirroring atau screenshare android ke pc terbaik yang dapat digunakan dan dikontrol secara penuh mulai dari screenshoot, record video hingga menjalankan semua fungsi di android melalui pc dengan mouse dan keyboard.

scrcpy ketika dijalankan

Aplikasi ini dijalankan di pc dan dengan memasukan / colok kabel usb ke dari hp ke PC menggunakan metode USB debugging. Setelah itu tinggal jalankan di pc dan android bisa kita kontrol secara penuh melalui pc menggunakan mouse dan keyboard.

Cara Menggunakan SCRCPY 

Untuk menggunakan aplikasi ini maka hp android anda harus sudah terhubung ke komputer melalui kabel data / usb. Tidak hanya itu hp android anda juga harus terhubung dalam keadaan “Mode Debugging” yang bisa diaktifkan di menu developer mode di pengaturan.
mengaktifkan menu developer mode
Jika tidak ada menu Developer Mode maka sebagian tipe android bisa menggunakan cara dengan mengetap atau klik beberapa kali pada ROM Version/Build Number (di pengaturan abaout phone android) sampai muncul kalimat “You are now Developer” atau “Anda sekarang adalah pengembang” maka menu Developer Option yang memuat menu USB Debugging sudah ada dan tinggal diaktifkan saja.

mengaktifkan usb debugging
Setelah mengaktifkan menu usb debugging maka selanjutnya download aplikasi SCRCPY yang bisa didapatkan di situs github resmi SCRPY.
Pilih sesuai dengan tipe windows anda. lalu setelah selesai di download extract file tersebut di tempatkan sesuai dengan keinginan anda.
Misalnya di sini saya mengextract di folder :D/Scrcpy.
Untuk menjalankannya pun cukup mudah. Pertama hubungkan android ke pc dalam mode USB Debugging. Setelah itu tinggal jalankan scrcpy-noconsole.exe.

folder scrcpy


Dan kini anda bisa mengontrol secara penuh android anda melalui PC.
Untuk kontrol menggunakan mouses anda bisa menggunakan tombol klik kiri untuk memilih sesuatu, klik kanan untuk back, dan klik mouse tengah untuk ke home. Lebih jelasnya bisa dilihat di tabel shortcut scrcpy.
SCRCPY menurut saya adalah aplikasi mirroring terbaik yang pernah saya gunakan karena keuntungan yang didapatkan antara lain.
  1. Gratis
  2. Kontrol Penuh Menggunakan Mouse / Keyboard (App lain biasanya berbayar)
  3. Recording 
  4. Screenshoot
  5. Smooth (No lag & Bisa diatur resolusi agar layar supaya tidak lag)
Itu saja yang bisa saya berikan, semoga aplikasi mirroring untuk android ini bisa  bermanfaat bagi kalian semua. Bila ada tambahan atau kendala bisa berkomentar di bawah.

3 Aplikasi Terbaik Menambah Watermark PDF di HP Android dan iOS

8 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik

5 Aplikasi Slow Motion Gratis Terbaik Untuk Android

Aplikasi Edit Video Android Gratis Terbaik

Aplikasi Pengeras Suara (Sound Booster) Terbaik Android

3 Aplikasi Repost Instagran Terbaik Android dan iOS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *