PanduanIT

bingung milih mau rakit pc atau milih beli laptop baru merupakan kecemasan yang dirasakan oleh banyak orang. Laptop dan PC sendiri memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri sebagai contoh soal kepraktisan yaitu laptop dapat dengan mudah dibawa kemana mana sedangkan PC memiliki kelebihan bisa dirakit sesuai kebutuhan.

komputer vs laptop

Nah di sini saya akan membagikan beberapa kelebihan Laptop dibanding PC serta kelebihan PC dibanding laptop. Berikut adalah daftarnya.

Kelebihan Laptop Dibandingkan Komputer Desktop (PC)

1. Portabel

Karena ukurannya yang ringkas laptop jadi mudah dibawa kemana saja dari tempat ke tempat lain dengan dimasukan kedalam tas. Inilah yang membuat laptop sangat nyaman karena dapat dibawa dengan mudah saat bepergian, jadi tidak khawatir lagi mengenai keterlambatan membuat tugas atau mengirimkan laporan pekerjaan. Di sisi lain PC atau komputer desktop tidak dapat dibawa ke mana mana karena komponen yang besar dan PC memang dirancang khusus untuk di satu lokasi tetap saja.

2. Nyaman Digunakan

Untuk menggunakan Laptop kita hanya perlu perangkat itu sendiri dan menghidupkannya dengan menekan tombol power selagi baterai masih ada. Sedangkan ketika menggunakan komputer desktop kita harus memiliki meja serta kursi terlebih dahulu serta memerlukan monitor untuk menampilkannya, dan juga harus menghubungkan stopkontak pc serta monitor baru bisa mengoperasikannya.

3. Hemat Listrik

Laptop mengkonsumsi daya listrik lebih sedikit dibandingkan dengan komputer desktop (PC) dikarenakan komponen kecilnya. Laptop juga memiliki baterai yang dapat menjalankan sistem meskipun tanpa daya yang langsung dicolokan. Sedangkan pc harus membutuhkan daya listrik secara terus menerus, dan jika aliran daya putus maka pc akan mati.

4. Ringan

Laptop ini menggunakan komponen serupa yang digunakan komputer desktop (PC) tetapi beratnya hanya sekitar 2-3 kg sehingga mudah untuk dibawa bahkan dengan satu tangan. Sementara PC membutuhkan komponen yang besar dan tentu saja berat dan tentu saja tidak dapat dibawa ke mana mana dengan mudah.

Kelebihan Komputer Desktop (PC) Dibandingkan Dengan Laptop

1. Biaya Lebih Terjangkau

Komponen untuk membangun sebuah komputer desktop lebih terjangkau daripada membeli laptop dengan komponen yang hampir sama performanya. Di sisi lain laptop juga mempunyai keterbatasan dalam masalah gonta ganti komponen hardware yang artinya tidak boleh sembarangan.

2. Prosesor Lebih Cepat

Komputer PC memiliki prosesor yang kuat daripada laptop. Bahkan prosesor baru yang diluncurkan dipasaran akan lebih kompatibel dengan komputer pc daripada laptop. Anda dapat menjalankan game maupun software berat di pc, sementara laptop harus berurusan dengan kinerja prosesor tersebut.

3. Keyboard Lebih Nyaman

Komputer pc memiliki kenyamanan keyboard karena keyboard dijual secara terpisah sehingga pengguna dapat mengganti keyboard sesuai dengan keinginan dan kenyamanannya. Sedangkan laptop keyboardnya sudah tertanam dan untuk memperbaiki jika ada yang rusak pun harus dengan tipe keyboard yang sama.

4. Ukuran Layar Beragam

Komputer memerlukan sebuah monitor untuk menampilkan display dan monitor ini bisa berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan pemakai. Bisa juga menggunakan banyak monitor untuk menampilkan display secara menyeluruh. Sedangkan laptop layar atau displaynya tidak dapat diganti baik menjadi ukuran besar maupun kecil karena sudah tertanam di dalamnya.

5. Kartu Grafis atau VGA Lebih Baik

Dalam komputer desktop VGA dapat dijalankan dengan baik dikarenakan maksimalnya daya yang digunakan serta pendingin yang baik. Di komputer desktop juga dapat menggunakan lebih dari satu kartu grafis atau VGA sehingga komputer akan dengan cepat dan mudah mengolah gambar dan grafis.
Itulah kelebihan laptop dan PC atau sebaliknya. Sebenarnya masih banyak kelebihan yang dimiliki dalam masing masing perangkat tersebut. antara lain dalam segi perawatan komputer lebih mudah dirawat karena apabila ada komponen yang rusak maka dengan mudah menggantinya dengan yang baru, serta masalah kesehatan komputer lebih tahan lama dibandingkan dengan laptop, karena laptop mudah sekali rusak baik terkena benturan atau komponen yang rusak karena panas.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Whatsapp

6 Kelebihan Dan Kekurangan SSD

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking

9 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Aplikasi Telegram

14 Kelebihan dan Kekurangan Macbook Apple

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *