6 Kelebihan Dan Kekurangan SSD

SSD atau Solid State Drive adalah media penyimpanan data selain HDD. SSD telah digunakan dalam banyak perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, tablet dan lain-lain yang mempunyai ruang penyimpanan. SSD mulai digunakan sebagai alternatif HDD karena memiliki kecepatan write & read yang lebih cepat dibanding HDD.
kelebihan dan kekurangan SSD

SSD memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat diketahui. Berikut adalah keunggulan dan kekurangan yang dimiliki oleh SSD.

Kelebihan Dari SSD (Solid State Drive)

1. Kecepatan

Dari kecepatan, SSD ini lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan yang dimiliki peyimpanan yang dulu yaitu HDD. Kemampuan kecepatan read & write data yang dimiliki SSD ini memungkinkan anda 10 hingga 20 kali lipat menyelesaikan proses booting sistem operasi dibanding dengan HDD meskipun pengaruh hardware lainnya juga ikut, tetapi pengaruh SSD dalam kecepatan booting ini lebih banyak. Dan juga SSD cukup efisien saat memindahkan file berukuran besar seperti film dan lain-lain karena memiliki kecepatan transfer yang besar pula.

2. Daya Tahan

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak yang berbeda dengan HDD yang mempunyai piringan yang bergerak. Sehingga SSD tidak mudah panas dan menyebabkan komponen rusak. Tidak jarang komponen hardware yang rusak karena panas, jadi SSD ini lebih awet.

Selain itu karena SSD tidak seperti HDD yang menggunakan piringan atau cakram yang memutar terus menerus membuat SSD lebih kuat terhadap getaran dan benturan, karena SSD sendiri berjalan secara eletrik sehingga SSD tidak mudah rusak.

3. Tidak Berisik

Pada HDD penggarak disk atau piringan akan berputar saat read & write data sehingga menimbulkan pergerakan dan suara yang bising. Sedangkan pada SSD read & write data dilakukan secara elektrik sehingga hampir tidak ada suara yang dihasilkan.

4. Hemat Listrik

Proses read & write SSD dilakukan secara elektrik sehingga lebih hemat listrik dibandingkan dengan HDD yang menggunakan perputaran piringan yang terus menerus. Dan hal itu membuat SSD tidak panas sehingga juga penggunaan kipas atau pendingin bisa diminimalisir dan membuat energi listrik lebih sedikit digunakan.

Kekurangan Dari SSD (Solid State Drive)

1. Harga SSD Lebih Mahal Daripada HDD

Dikarenakan keunggulan penyimpanan yang mampu membaca dan menulis data atau read & write yang 10 - 20 kali lipat dari HDD maka tidak heran harga SSD ini lebih mahal dari pada HDD yang kapasitasnya sama.

2. Umur Lebih Pendek Daripada HDD

Kerugian yan lain adalah bahwa umur SSD diklaim lebih pendek dibandingkan HDD karena kecepatan read & write yang besar dan cepat dalam memproses data. Semakin berkembangnya teknologi pasti beberapa tahun ke depan akan ditemukan cara untuk memperpanjang umur SSD ini.

Kesimpulan

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan dari SSD ini saya harap anda segera mantap memilih media penyimpanan komputer. Saya sarankan memilih SSD karena lebih banyak keuntungannya dibandingkan kerugiannya apalagi semakin tahun teknologi penyimpanan SSD ini sangat berkembang cepat dan mungkin SSD ini akan dijadikan hal yang wajib untuk media penyimpanan beberapa waktu dekat ini.

Belum ada Komentar untuk "6 Kelebihan Dan Kekurangan SSD"

Posting Komentar

Isin Komentar dengan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel