PanduanIT

Produk apple sangat terkenal dikalangan para pelajar maupun pekerja, salah satu produk yang paling diminati adalah laptop apple atau yang biasa disebut macbook.

Macbook ini terdapat berbagai macam tipe antara lain tipe Macbook Pro, Macbook Air, Macbook, Macbook Pro Retina dan sebagainya.

Dan macbook sangat populer dikalangan pekerja dan mahasiswa karena keunggulannya yang dapat menambah produktifitas pekerjaannya.

Selain keunggulan, macbook pro juga memiliki kelemahan diantaranya harga produk macbook terbilang cukup mahal karena bisa mencapai puluhan juta.

Nah untuk mengetahui lebih lengkap, berikut adalah kelebihan dan kekurangan laptop macbook dari apple ini.

Kelebihan Macbook Apple

Selain untuk menambah produktifitas bagi para pekerja maupun pelajar, berikut adalah daftar keunggulan lain dari macbook ini.

1. Daya Tahan Mesin Kuat

Harga yang mahal hingga puluhan juta menyuguhkan kualitas yang bagus seperti daya tahan mesin yang kuat hingga tahan lama, sistem operasi yang baik dan fitur fitur di dalamnya menjadi unggulan dibandingkan produk lain.

Selain itu sudah terdapat aplikasi pengolah kata atau software office yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan kantor / sekolah.

Dan yang membuktikan produk apple ini memiliki daya tahan yang kuat adalah banyak sekali pengguna macbook keluaran tahun 2019 yang masih digunakan hingga tahun 2023 dan kata mereka masih worth it atau layak digunakan.

2. Keamanan Sistem Operasi

Dibanding produk lain seperti Windows, produk macbook dari apple ini keamanannya sangat baik dan juga kita tidak memerlukan software antivirus tambahan pihak ketiga yang dapat mengurangi penyimpanan memori.

Selain itu virus, malware, trojan dan lain-lain di produk apple ini sangat sedikit dan tidak ada lagi masalah terkena virus atau gangguan dari luar.

Kenapa sedikit virus di Macbook ? karena yang menciptakan virus sendiri tidak seperti di Windows yang banyak sekali penggunanya.

3. Desain Elegan dan Kokoh

Selain dilihat dari daya tahan dan keamannya, cenderung orang lebih suka memilih produk apple ini dikarenakan design yang simple, keren, dan elegan.

Serta ukuran atau bentuk macbook terbilang tipis / slim dan tidak berat seperti kebanyakan laptop gaming sehingga mempermudah untuk di bawa ke mana saja dan tentu akan menambah produktifitas anda.

4. Hardware Berkualitas Tinggi

Menggunakan macbook sangat nyaman karena dibekali dengan hardware yang berkualitas antara lain penggunaan keyboard, trackpad, sound yang suaranya jernih sudah jauh lebih unggul dari kompetitor lainnya.

5. User Friendly

Dari segi sistem operasi, Macbook menawarkan sistem operasi bernama MacOs yang memberikan pengalaman baru untuk pengguna mempermudah pekerjaannya dikarenakan mudah digunakan dan memberi manfaat lebih.

6. Display Layar Baik

Ketika berlama lama melihat layar, mata tidak merasa pedih dikarenakan kualitas layar yang baik.

Sekarang sedang populer yang namanya retina display yang dapat memanjakan mata anda.

Ini sangat cocok sekali dengan para desainer karena tampilan yang ada di layar macbook ini memiliki warna yang akurat.

7. Bisa Mengintall Windows Di Macbook

Untuk kelebihan yang terakhir macbook dapat menjalankan sistem operasi windows.

Jika ingin melakukannya anda bisa menjalankan satu sistem bernama bootcamp yang dapat menjalankan sistem operasi lain secara paralel atau virtual.

Kekurangan Macbook

Selain banyak keunggulan yang dimiliki produk apple ini, macbook pro juga memiliki kekurangan di dalamnya antara lain seperti berikut ini.

1. Harga Perbaikan/Repair Mahal

Jika terdapat salah satu hardware rusak di dalam produk apple terutama macbook ini akan dikenakan biaya service yang mahal.

Misal jika keyboard mac rusak bisa mencapat jutaan rupiah, atau jika display layar rusak maka akan dikenakan biaya yang sangat tinggi.

Anda juga harus membeli komponen tambahan, misalnya jika kekurangan colokan USB maka harus beli converter lagi agar bisa digunakan untuk banyak perangkat.

Untuk itu dalam membeli produk apple macbook ini anda juga harus bersiap dengan pengeluaran anda.

2. Service Center / Tempat Service Langka

Tidak seperti produk lain yang memiliki service center tidak resmi di berbagai tempat.

Produk apple memiliki tempat service atau service center official dan hanya boleh memperbaiki produk yang rusak di tempat ini saja atau tidak diperbolehkan memperbaiki di service center tidak resmi.

Jadi service center ini masih langka dan hanya terdapat di kota kota besar seperti Jakarta serta negara lain seperti Siangpore.

3. Harga Aksesoris Mahal

Selain biaya spare part untuk service yang mahal, biaya untuk membeli aksesori seperti kabel data dan lain-lain sangat mahal.

Jadi ketika memiliki macbook kita harus siap membayar lebih untuk memiliki aksesoris atau perangkat tambahan yang dibutuhkan.

4. Cepat Panas

Ketika menjalankan aktifitas berat seperti streaming, edit photo, edit video, render 3d dan lain-lain macbook pro ini akan terasa panas dan akan sangat mengganggu.

Untuk menghindari memerlukan aksesoris tambahan yang meminimalisir pemanasan body macbook.

Tapi untuk generasi yang terbaru sudah menggunakan sistem pendingin yang bagus.

5. Dukungan Software Kurang

Dukungan untuk softwaresoftware yang berjalan di sistem operasi seperti Windows belum tentu akan berjalan di MacOS.

Itu karena pengembangan software berlintas sistem operasi memerlukan biaya yang tidak sedikit, maka biasanya pengembang software hanya akan membuatnya yang mendukung sistem operasi Windows saja karena banyak penggunanya.

6. Tidak Cocok Untuk Gaming

Jika anda gamer maka pertimbangkan lagi untuk membeli Macbook. Selain tidak banyak game yang tersedia, Apple sendiri tidak bisa menjalankan game dengan grafik yang besar.

Game yang berat seperti game AAA tidak sanggup berjalan di Macbook karena masalah kartu grafis dari Macbook yang tidak mendukung.

7. Port LAN, HDMI, Kabel USB sedikit

Macbook sendiri banyak sekali memangkas port agar beratnya menjadi ringan, akan tetapi kita jadi tidak bisa menggunakan perangkat lain secara bersamaan untuk terhubung dengan Mac.

Dari kekurangan ini solusinya adalah beli converter tambahan dengan berbagai macam jenis port agar Macbook bisa menggunakan LAN, tampil di Monitor Eksternal maupun banyak menyambungkan USB.

Kesimpulan

Harga menentukan kualitas, terbukti macbook tahun 2015 dapat bertahan beberapa tahun dan masih layak digunakan hingga sekarang dikarenakan dukungan driver dan update sistem di dalamnya yang dapat mengoptimalkan kerjanya.

Dan macbook ini sangat cocok digunakan untuk pelajar maupun pekerja programming maupun desainer.

Namun, macbook tidak cocok digunakan untuk gaming karena komponen hardware yang tidak mendukung serta tidak mendukungnya software atau game yang dibuat untuk Mac OS.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan macbook pro. Jika ada yang ingin menambahkan bisa berkomentar di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Whatsapp

9 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

7 Kelebihan Dan Kekurangan Laptop

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking

6 Kelebihan Dan Kekurangan SSD

11 Kelebihan Dan Kekurangan VPN (Virtual Private Network)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *