PanduanIT

Di jaman serba online ini banyak sekali bidang yang terjun ke internet atau dalam jaringan seperti Game Online, Dating Online , dan tentu saja web / app belajar atau kursus online.

kelebihan kekurangan kursus online

Di Indonesia sendiri sudah banyak aplikasi atau perusahaan yang menyediakan media pembelajaran secara online dengan menawarkan kursus dalam berbagai bidang seperti softskill, hardskill atau pembelajaran siswa.

Tentunya dengan perkembangan teknologi informasi ini dalam hal kursus online terdapat kelebihan dan kekurangan nya. Dan berikut adalah kelebihan dan kekurangan kursus online yang sudah saya rangkum.

Kelebihan Kursus Online / Kelas Online

Setiap kelas online pasti akan sangat memudahkan kita dalam belajar dan tidak berpatokan pada satu sumber saja namun bisa banyak sekali sumber. Dan berikut adalah kelebihan kelas atau kursus online.

1. Fleksibilitas Kursus

Orang yang mungkin tidak memiliki kesanggupan untuk berpartisipasi dalam kelas atau kursus biasa seringkali dapat mengikuti kelas online. Misalnya seorang pekerja yang selalu pulang sore atau malam, mereka biasanya akan mengikuti kelas atau kursus online ini karena bisa diakses kapan saja dan di mana saja tanpa harus mengkhawatirkan masalah waktu dan pekerjaan lain.

2. Peluang untuk Berpartisipasi atau Berteman

Meskipun banyak yang menanggapi bahwa kursus mengakibatkan kurang komunikasi antar siswa atau anggota kursus, tetapi masih ada yang benar benar mendapat partner atau teman karena sependapat dan melakukan diskusi bersama tentang masalah yang didiskusikan.

3. Belajar Nyaman

Di dalam kelas tentu ada siswa atau suasana yang mengganggu saat kegiatan pembelajaran. Di kelas online anda bisa menghindari itu semua dan lebih fokus dalam belajar, cari tempat nyaman sendiri di kafe atau kamar rumah untuk belajar lebih fokus lagi. Dan lagi sudah tidak ada kata ketinggalan kelas atau materi karena materi bisa diputar atau dilihat secara terus menerus kapan dan di mana saja.

4. Hemat Biaya Dan Waktu

Orang yang mengikuti kelas online sering memanfaatkan sumber yang berharga yaitu Waktu dan Uang. Mereka dapat menghemat waktu dengan tidak perlu berangkat jauh jauh pergi ke tempat kursus atau kelas. Selain itu dapat membagi waktu untuk keluarga, teman dan lainnya. Juga dapat menghemat pengeluaran uang untuk makan di luar, bensin, dan lain lain.

Kekurangan Kursus Online / Kelas Online

Selain kelebihan tentunya terdapat beberapa kekurangan jika kita mengambil kursus online, berikut adalah daftarnya.

1. Kurang Kontak Langsung Dengan Instruktur

Meskipun kelas atau kursus online ini memberi materi yang berharga dari yang disampaikan instruktur, tetapi tetap saja kita tidak dapat berkomunikasi secara langsung dengannya untuk menanyakan sesuatu. Ini dapat menurunkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, akan tetapi dalam beberapa kursus ada yang dibuat grup atau chat yang diperbolehkan bertanya pada instruktur.

2. Komitmen Waktu

Memang waktu kursus bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Akan tetapi keuntungan inilah yang biasa membuat orang atau siswa kurang aktif. Oleh karena itu pasti yang akan bisa menguasai materi kursus hanya orang orang yang serius dan disiplin membuka kursus online tersebut.

3. Kurang Tanggung Jawab

Karena kurangnya komunikasi antar siswa atau anggota kursus online ini, bila ada kegiatan kelompok atau tugas kelompok banyak yang tidak mengerjakan atau bahkan mengabaikannya. Terlebih lagi ketika ujian online ada yang bisa membuka materi sambil mengerjakan ujian tersebut.

4. Angka Putus Sekolah Tinggi

Karena banyak kursus atau kelas online ini menyebabkan beberapa orang tidak peduli lagi dengan pendidikan dan banyak orang yang putus sekolah dan mengikuti kelas atau kursus online.

Itulah kelemahan dan kelebihan dari kursus online atau kelas online.Sekarang ilmu dapat didapatkan tidak hanya di sekolah saja, bisa di buku, mading, internet, ebook dan lain-lain . Oleh karena itu jangan berhenti mencari ilmu karena ilmu adalah jendela dunia. Bila ada tambahan bisa berkomentar di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking

Kelebihan Dan Kekurangan Kursus Online

4 Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

14 Kelebihan dan Kekurangan Macbook Apple

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Whatsapp

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Aplikasi Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *