16 Kelebihan Dan Kekurangan E-Commerce

E-Commerce adalah bisnis yang menggunakan internet sebagai jalur transaksi. E-Commerce telah tumbuh besar di tiap negara di berbagai belahan dunia. Penghasilan dan E-Commerce di AS saja bisa sampai 500 milyar dollar. Dalam artikel ini, anda akan mengetahui beberapa kelebihan dan keuntungan dari ecommerce atau toko online sehingga dapat memutuskan untuk terjun di dalamnya atau tidak.
kelibihan dan kekurangan toko online ecommerce

Apa Kelebihan E-Commerce?

Di sini anda akan mengetahui beberapa keuntungan dari bisnis online. Dari keuntungan seperti barang dapat dijual secara internasional, target pelanggan lebih luas, pengalaman pembelian dan lain-lain. Berikut adalah daftar keuntungan atau kelebihan E-Commerce

1. Biaya Rendah

Salah satu manfaat ecommerce antara lain nemiliki biaya awalan yang lebih rendah. Toko fisik atau toko eceran biasanya memiliki biaya tang tinggi seperti menyewa ruko, papan nama toko, desain toko, pembelian perlatan dan persediaan, dan masih banyak lagi. Dan juga toko fisik eceran biasa harus membayar karyawan untuk bekerja dan menjalankan bisnisnya di berbagai lokasi yang berbeda jika memiliki toko cabang.

Berbeda dari toko fisik, ecommerce ini bisa dilakukan secara online dan seluruh biaya yang dibutuhkan pun terbilang lebih rendah,Seperti halnya dalam metode dropshipping. Dalam bisnis ini anda bisa mengerjakan karyawan dan karyawan ini dapat bekerja dari jarak jauh sehingga lebih mudah menemukan staf yang sesuai dengan perusahaan.

2. Jangkauan Pasar Luas

Tidak seperti toko toko eceran biasa di kota yang hanya menjangkau masyarakat sekitar kota saja, di e-commerce ini dapat menjangkau sangat luas dari seluruh lapisan masyarakat dari dalam negeri maupun luar negeri karena toko anda dapat ditemukan di internet. Untuk masalah pengiriman tentu saja sangat mudah karena di jaman ini sudah banyak sekali perusahaan di bidang pengiriman barang antar kota bahkan antar negara. Sehingga dengan jangkauan pasar yang luas anda tidak perlu khawatir lagi laku tidaknya barang dan juga pendapatan bisa sangat menguntungkan.

3. Buka 24 Jam

Keuntungan lain dari e-commerce adalah toko online yang selalu terbuka setiap saat selama website dalam keadaan online. Dengan mengiklankan toko anda di facebook atau platform lain, anda bisa saja menerima pengunjung pada pukul 11 malam atau 4 pagi di dalam website toko online anda.

Orang orang bisa mengakses toko anda kapan saja dan melihat katalog toko anda di mana saja serta dapat dengan mudah bertransaksi dengan barang apa yang mereka beli. Tidak perlu menyewa karyawan untuk memproses pesanan yang dilakukan malam hari karena sistem yang dibuat sudah otomatis melayani pelanggan.

4. Mudah Menampilkan Barang Trendi

Manfaat e-commerce dapat dengan mudah menampilkan barang yang sedang trend atau best-seller. Alasan membeli produk yang trend karena pembeli sudah bisa memastikan sendiri bahwa barang itu layak dibeli karena digemari banyak orang.

5. Karyawan Yang Terjangkau

Salah satu keuntungan lainnya dari ecommerce adalah memperkejakan karyawan dengan gaji yang terjangkau dan anda dapat menyewanya dari mana saja. Anda akan membutuhkan lebih sedikit karyawan di bisni online ini daripada di ritel. Bahkan anda bisa langsung terjun di bisnis online ini sendirian karena kemudahan dalam penggunaanya.

6. Dorongan Membeli Barang Tinggi

Manfaat lainnya dari ecommerce adalah dapat meningkatkan minat pengunjung untuk membeli barang yang anda sediakan dikarenakan foto atau deskripsi barang anda menarik dengan warna yang bagus dan lain-lain. Anda juga bisa menggunakan taktik diskon serta promo untuk meningkatkan pembelian barang.

7. Mudah Mentarget Pasar

Di sini anda bisa dengan mudah menarget pasar yang ingin anda capai. Misal saja anda mentarget toko anda untuk dikunjungi orang yang menyukai baju atau fashion yang berada di wilayah tertentu. Anda tinggal mengiklankan produk atau website anda di wilayah tersebut saja menggunakan Facebook, Twitter atau media iklan lainnya untuk menarik pelanggan di wilayah itu.

8. Tidak Perlu Datang Ke Toko Fisik

Beberapa orang malas untuk membeli suatu barang yang dibutuhkan di tempat jauh dan harus berkendara terlebih dahulu untuk ke toko tersebut. Namun di e-commerce ini orang tidak lagi melakukan itu, jika ingin bernegosiasi atau melontarkan pertanyaan biasanya sudah ada form atau fitur chat yang disediakan di beberapa website toko.

9. Dapat Data Pelanggan Dengan Mudah

Yang selanjutnya adalah anda dapat dengan mudah mengakses data pelanggan untuk di analisa. Kebanyakan orang ketika membeli suatu barang ditoko tidak perlu memasukan data mereka, Namun di toko online biasanya para pembeli dengan senang hati mengisi semua data berupa nomor telepon alamat, nama dan lain-lain. Sehingga anda bisa berinteraksi dengan pelanggan dan membangun hubungan.

10. Mampu Memproses Banyak Pesanan

Jika anda melakukan dropship, anda dapat memproses pesanan banyak dengan mudah. Ketika bisnis anda mulai berkembang anda mungkin akan menyewa banyak karyawan untuk membantu proses pesanan. Dengan dropshipping anda tidak perlu memiliki produk secara fisik untuk dijual, oleh karena itu anda tidak perlu khawatir mengontrol stok seperti yang harus dilakukan toko fisik.

Di toko ritel biasa, antrian panjang dapat menghalangi orang untuk belanja, dengan adanya e-commerce pelanggan dapat membeli produk kapan saja tanpa antrian dan penundaan yang lama.

11. Promosi/Iklan Yang Murah

Anda bisa mempromosikan produk anda dengan murah seperti dengan membagikan produk ke media social atau juga bisa dengan cara membuat sebuah postingan blog yang isinya tentang kelebihan dari produk anda, Dengan ini pengunjung toko online anda akan menjadi banyak dan pesananpun akan bertambah banyak.

Apa Kekurangan E-Commerce

Tidak hanya kelebihan saja, E-Commerce juga ada kelemahannya seperti banyaknya penipuan online dan penipuan tidak wajar lain yang tidak dirasakan oleh toko fisik.

1. Tidak Ada Yang Beli Jika Website Rusak

Tidak akan ada yang beli dan tidak ada yang bisa mengakses anda selama website masih rusak sehingga menimbulkan banyak kerugian. Untuk itu pastikan memilih server atau platform yang bagus untuk serius dalam berjualan produk secara online ini.

2. Pelanggan Tidak Dapat Mencoba Barang Sebelum Beli

Gambar baju yang bagus di toko online belum tentu cocok dengan ukuran badan pelanggan atau bahkan belum tentu sama dengan gambar yang dimaksud. Jadi agar lebih berhati hati memilih suatu barang anda bisa dengan mudah membaca ulasan barang serta ulasan toko.

3. Banyak Saingan

Kekurangan berikut dari ecommerce adalah saingan yang sangat amat banyak bermunculan. Karena kemudahan dan keuntungannya membuat bisnis ini dipilih oleh beberapa pebisnis yang mulai meninggalkan toko fisik sehingga anda harus bersaing dengan banyak orang jika memulai bisnis ini.

4. Pembeli Tidak Sabaran

Dalam melayani pembeli banyak sekali pelanggan yang tidak sabaran ketika bertanya. Dan dalam waktu yang sama ada pembeli lain yang melontarkan pertanyaan juga dan itu membuat anda sibuk membalasnya satu persatu dan terkesan anda mengabaikan pembeli lain. Namun kali ini anda bisa menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pembeli dengan mudah.

5. Perlu Mengirim Produk

Tidak seperti toko fisik yang di mana pembeli langsung menerima barangnya, toko e-commerce ini anda diharuskan mengirimkan barang ke pembeli secara langsung setelah pembelian berhasil. Untuk itu anda harus repot mengirim barang tersebut melalui jasa pengiriman terdekat.

Itulah beberapa kelebihan dan keuntungan dalam ecommerce, bila ada kekurangan atau ada yang menambahkan bisa berkomentar di bawah.

Belum ada Komentar untuk "16 Kelebihan Dan Kekurangan E-Commerce"

Posting Komentar

Isin Komentar dengan Sopan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel