PanduanIT

Apakah smartphone android anda terasa lambat karena RAM kecil atau ruang penyimpanan terlalu sedikit ? Apakah anda sudah mencoba aplikasi ringan untuk menghemat baterai dan memory android anda ? jika belum maka segeralah coba beberapa aplikasi ringan di bawah ini.

20 aplikasi ringan android lite menghemat kuota dan penyimpanan serta baterai

Sebagian besar aplikasi populer di android seperti facebook,gmail, chrome dan lain-lain memakan banyak RAM dan penyimpanan serta dapat menguras banyak baterai. Untuk mengatasinya admin akan memberikan solusinya.

Ya, Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi versi Lite . Aplikasi ini memiliki ukuran file yang kecil dan tentu ringan digunakan serta tak menghabiskan banak baterai, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk smartphone android RAM rendah.

List aplikasi ini cocok untuk :

  • smartphone yang lambat
  • ruang penyimpanan yang sedikit
  • smartphone dengan baterai yang sering cepat habis
  • kecepatan internet yang lambat

Selain versi lite, google juga menyediakan versi Go. Fungsinya sama dengan aplikasi Lite akan tetapi Go sendiri buatan dari Google seperti contoh Youtube Go, namun aplikasi ini hanya kompatibel pada perangkat Android Oreo (8.1) saja.

Berikut adalah daftar aplikasi ringan terbaik android:

1. Facebook Lite

Aplikasi ini resmi buatan facebook dan dikhususkan untuk memuat laman dengan cepat dan menggunakan sedikit data internet saja. Meski tampilannya sederhana, fitur yang tersedia di Facebook Lite ini hampir sama pada fitur FB yang biasa.

2. Messenger Lite

Untuk memulai obrolan di facebook dibutuhkan aplikasi Messenger, dengan menggunakan Messenger Lite anda bisa chating dan ngobrol dengan teman tanpa harus memiliki koneksi yang kuat , karena dengan 2G saja aplikasi ini bisa berjalan lancar dan stabil.

3. UC Browser Mini

UC Browser mini adalah aplikasi versi lite populer untuk situs pencarian di android. Aplikasi yang ringan dapat menghemat baterai dan penyimpanan, Serta mendukung dengan fitur fitur hebat di dalamnya.

4. Opera Mini

Browser lain yang paling banyak didownload di google play store adalah Opera Mini. Opera Mini sangat ringan dan menghemat kuota data anda, serta cepat dan aman dalam berselancar atau browsing.

5. Camera360 Lite

Salah satu aplikasi camera yang digemari oleh semua orang yaitu Camera360 Lite. Dalam versi Lite ini aplikasinya berukuran kecil sekitar 4MB ringan dan cepat. Berfungsi untuk menghasilkan foto yang bagus.

6. Ap15 Launcher

Salah satu  Launcher unik dan ringan terbaik yang tersedia di perangkat android. ap15 Launcher ini berfokus pada tampilan yang minimalis dan efisien serta yang paling penting adalah ringan dengan penggunaan memori atau RAM sedikit.

7. myMail

myMail adalah aplikasi pengolahan email terbaik dan ringan digunakan untuk perangkat android. Bisa digunakan untuk mengelola email seperti Gmail,Hotmail,Yahoo dan lain-lain. Sangat mudah cepat dan ringan untuk digunakan.

8. 360 Security Lite

360 Security Lite adalah sebuah aplikasi pengoptimalan perangkat android anda yang meliputi keamanan, kecepatan, penghemat data, dan antivirus yang jalan di latar belakang handphone anda. Aplikasi antivirus ini adalah yang teringan dan tercepat serta cocok untuk android dengan RAM kecil.

9. Twitter Lite

Twitter Lite ini aplikasi official yang dibuat oleh developer aslinya loh, dan di sini anda bisa mengakses twitter dengan jaringan 2G dan 3G serta meminimalkan penggunaan data kuota,penyimpanan, dan tentu saja menghemat baterai.

10. Clean Master Lite

Aplikasi pembersih Clean Master yang terkenal kini terdapat versi ringannya dan berukuran sekitar 4MB. Aplikasi ini digunakan untuk membersihkan cache dan file sampah lainnya serta dapat pula menghemat atau mengoptimalkan penggunaan baterai smartphone android.

11. Parallel Space Lite

Parallel Space hadir kembali dengan memunculkan aplikasi versi ringan yaitu Lite. Aplikasi ini digunakan untuk menggandakan sebuah aplikasi. Dalam aplikasi yang bukan versi lite, aplikasi ini memakan banyak sekali RAM dan di versi ini anda akan dapat menggunakannya dengan konsumsi RAM dan baterai yang sedikit.

12. LinkedIn Lite

LinkedIn Lite versi android yang dibangun untuk bekerja secara efisien dan cepat pada koneksi yang lambat dan hanya membutuhkan penyimpan yang sedikit serta pemaikaian RAM yang sedikit.

13. Skype Lite

Skype Lite adalah Skype yang berukuran ringan dan kecil yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan pengguna untuk video call. Aplikasi ini mampu membuat panggilan suara dan video dengan koneksi jaringan yang terbatas.

14. Youtube Go

Youtube Go adalah alternatif dari aplikasi Youtube bawaan karena dapat memutar video sesuai dengan data yang digunakan atau singkatnya anda dapat memilih serta mengetahui berapa pengeluaran data yang dikeluarkan untuk streaming video. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di google play dengan ukuran sekitar 10MB.

15. Line Lite

Jika anda penggemar aplikasi chat Line, bisa gunakan versi lite dengan dukungan fitur yang ringan dan cepat serta dapat menghemat ruang penyimpanan, RAM , dan tentu saja kuota data internet anda.

16. CM Security Lite

Aplikasi antivirus ini digunakan khusus untuk perangkat android yang memiliki kapasitas penyimpanan kecil serta memory yang kecil. Akan tetapi aplikasi ini dapat melindungi dari berbagai serangan virus di android anda.

17. VideoShow Lite

VideoShow Lite merupakan aplikasi edit video paling ringan di android dengan ukuran file yang kecil dan tentu akan meningkatkan produktifitas anda sebagai editor video.

18. Google Go

Google Go adalah aplikasi browsing atau biasa digunakan untuk berselancar di internet, fiturnya sama seperti browser lain yang terdapat bookmark,menu pencarian, dan lain-lain. Akan tetapi ini memiliki keunggulan yaitu cepat dan ringan serta ukuran file yang kecil.

19. Gmail Go

Gmail versi ringan ini tentu saja digunakan untuk mengatasi segala hal tentang Google Email yang dapat mengirim dan menerima pesan email. Di sini fitur sama seperti aslinya hanya saja lebih cepat, ringan dan berukuran kecil.

20. Google Maps Go

Aplikasi untuk menampilkan peta atau petunjuk arah yang ringan adalah hasil dari karya google sendiri yaitu Google Maps Go. Aplikasi ini berukuran kecil dan ringan tetapi memiliki keunggulan yang hampir sama dengan aplikasi asli Google Maps.

Itulah 20 aplikasi android ringan atau lite yang bisa digunakan dalam menghemat kuota data internet,penyimapan internal, serta dapat menghemat baterai dan penggunaan RAM yang sedikit, cocok diterapkan di handphone android dengan ram 512MB atau 1GB saja. Sebenarnya tidak hanya ada itu saja, masih banyak lagi aplikasi serupa dengan fitur cepat dan ringan. Jika ada yang ingin menambahkan atau mau kasih kritik bisa berkomentar di bawah ini.

8 Aplikasi Pemutar Video Android Terbaik

Aplikasi Mirroring Android ke PC Terbaik Gratis Scrcpy Tanpa Biaya Tambahan (Versi Pro)

Aplikasi Edit Video Android Gratis Terbaik

8 Aplikasi Download Musik Terbaik Android

5 Aplikasi Untuk Membuat Musik di Android

7 Aplikasi Terbaik Untuk Menghilangkan Background

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *