PanduanIT

Jika kamu pengguna Whatsapp Messenger dan merasa bosan atau ingin mencoba aplikasi chatting lainnya maka Telegram adalah pilihan yang tepat karena memiliki banyak sekali fitur yang patut dicoba dan belum tentu terdapat di Whatsapp Messenger.

aplikasi telegram

Terdapat banyak sekali fitur yang terdapat pada Telegram yang tidak ada diantara aplikasi Messenger lainnya antara lain secret chat atau chat rahasia. Untuk mengetahui fitur fitur yang bagus di Telegram berikut admin sudah daftarkan fitur fitur yang terdapat pada aplikasi Telegram.

1. Bisa Lebih Dari 1 Nomor Telepon Dan Akun

Jika anda ingin menambahkan satu nomor baru lagi anda bisa langsung merubahnya di pengaturan dan pilih menu “Change Number/Ganti Nomor” maka telegram anda akan merubah nomor telepon anda tanpa harus menghapus seluruh chattingan dan kontak anda karena nantinya Telegram akan mentransfer semua data chat dan nomor kontak ke dalam nomor yang baru.

transfer data dari nomor lama ke nomor baru telegram

Dalam satu aplikasi Telegram juga bisa menambahkan beberapa akun dengan cara masuk ke menu dan pilih “Add Account” lalu segera masukan nomor telepon anda yang lain maka setelah itu akan ada beberapa akun dalam Telegram anda.

add account telegram

2. Foto Profil Ganda

Bicara tentang profil ganda, Telegram mengijinkan anda untuk mengupload foto profil lebih dari satu, Faktanya kamu dapat upload banyak sekali foto profil yang kamu suka. Foto profil yang terakhir anda upload merupakan foto profil yang saat ini ditampilkan dalam kontak anda. Teman kontak anda bisa melihat banyak foto profil anda dengan swipe atau geser foto profil anda.

foto profil ganda telegram

Untuk mengupload foto profil Telegram anda bisa membuka dengan klik atau tap menu “Setting” lalu klik gambar kamera lalu pilih atau foto gambar yang ingin anda upload.

3. Secret Chats / Pesan Rahasia

Fitur pesan chat rahasia ini sangat diunggulkan di aplikasi Telegram, Anda bisa bercakap cakap atau chat dengan teman anda secara rahasia dan tidak akan diketahui oleh pihak Telegram karena tidak terekam di server Telegram akan tetapi terekam di hp masing masing pengguna dan biasanya di sebut “end-to-end encryption” . Fitur menandakan bahwa Telegram sangat memperhatikan sekali privasi penggunanya.

4. Tema Kostum Telegram

Di aplikasi Telegram, anda dapat membuat dan menggunakan tema kostum . Dan di sana banyak sekali pilihan tema yang dapat dibuat dan digunakan.

tema pada telegram

Jika anda ingin membuat dan memnggunakan tema, pergi ke “Setting” lalu pilih “Chat Setting”. Di sana anda bisa merbuah ukuran tampilan text di chat Telegram, Background chat dan lain lain. Kalian juga bisa mengatur dan menambahkan stiker pada chat.

 5. Bot Telegram

 Bot pada Telegram sangat membantu  sekali dalam mengurus sebuah group chat. Tidak hanya itu bot telegram juga bisa menjadi asisten kamu untuk mengetahui berbagai kegiatan dan lain-lain.

Namun untuk menggunakannya kalian bisa masuk ke grup telegram yang memiliki fitur Bot Telegram atau kalian bisa membuat sendiri dengan tentunya harus mengetahui koding.

6. Auto Night Mode

Telegram mempunyai fitur auto-night mode yang bisa membantu anda menjaga kesehatan mata anda. Jika anda mengaktifkan mode otomatis ini maka tampilan Telegram anda akan menjadi dark mode. Untuk mengaktifkannya masuk ke menu “Settings – Chat Settings” lalu pilih on “Auto Night Mode”.

Ada 2 pilihan yang bisa anda pilih dari fitur ini yaitu “Automatic” dan “Scheduled” mode. Jika pilih “Automatic” mode, maka akan secara otomatis menjadi dark mode ketika di kegelapan. Dan jika pilih Scheduled anda bisa mengatur sendiri kapan fitur ini akan aktif. Anda juga mengatur kecerahan handphone dalam fitur ini.

7. Pilihan Chat Spesial

Di Telegram terdapat fitur menghapus chat, cara menggunakannya adalah dengan menekan lama chat yang terkirim lalu pilih tombol tong sampah dan pesan akan terhapus. Gunakan fitur sebelum 48 jam agar pesan benar benar terhapus dari ponsel anda dan ponsel teman anda.

Ada juga fitur chat spesial lainnya yaitu fitur pinned chat yang bisa ditemukan di group Telegram. Fungsi dari fitur piinned chat ini adalah agar chat tidak tenggelam atau hilang dan memudahkan menuju chat tersebut karena tinggal pilih pesan yang di pinned maka otomatis akan menuju ke pesan tersebut. Biasanya pinned chat ini digunakan untuk menyimpan chat penting atau aturan group Telegram.

8. Mute Kontak dan Grup

Jika anda bergabung dalam banyak grup telegram dan resah dengan notifikasi atau pemberitahuan pesan dari berbagai macam group atau kontak, Gunakanlah fitur “Mute” untuk menghilangkan notifikasi. Anda bisa merubah dan kostumasi “Mute” sesuai keinginan misal selama 1 jam , 2 jam ataupun selama 1 tahun.

9. Share Lokasi Langsung

share lokasi saat ini

Anda bisa share lokasi anda saat ini secara langsung ke teman kontak agar anda bisa bertemu dengan teman anda. Untuk mengaktifkan fitur share lokasi ini masuk ke dalam chat dan pilih tombol gambar “Attachment” lalu klik gambar “Location” lalu share tempat anda berada selama 15 menit, 1 jam atau 8 jam.

10. Proxy Server

Jika ada masalah keaman anda bisa menggunakan fitur mengubah proxy server ini, contoh masalah adalah jika anda berkunjung ke negara yang memblokir telegram seperti Russia maka untuk mengaksesnya bisa dengan cara mengubah Proxy Server nya. Cara menggunakannya adalah dengan membuka menu “Setting – Data and Storage” lalu skroll ke bawah dan temukan “Proxy Setting”.

Itulah 10 fitur yang ada di aplikasi Telegram. Apakah anda tertarik menggunakan aplikasi Telegram? Atau masih setia terhadap Whatsapp? tentukan pilihan anda.

5 Font Gratis Open Source Dan Kegunaannya

Cara Menambah Admin Moderator Facebook

Cara Mengatasi Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Cara Mengatasi Blue Screen Ketika Bermain Game

Cara Menggunakan Google Docs Offline

Musik Gratis Yang Bisa Dipakai Agar Tidak Terkena Copyright Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *