-->

Membuat Konten Youtube Tanpa Rekaman Video

Membuat Channel Youtube tanpa membuat video rekaman sendiri apakah bisa ? Tentu saja bisa , namun harus menggunakan cara yang benar .
membuat konten youtube tanpa rekaman video

Channel besar seperti YT Crash dan Calon Sarjana tidak membuat video rekaman sendiri dan sukses membuat video yang diminati dan ditonton oleh banyak orang di seluruh Indonesia."Lha kok bisa sih tidak rekam video buatan sendiri?" Bisa dong karena mereka menggunakan video orang lain. "Lha kok bisa ? kan itu merupakan pelanggaran hak cipta !", Tidak semua video yang berada di internet itu mengandung hak cipta dan ada beragam tipe lisensi.

Selain memanfaatkan tipe lisensi mereka juga memanfaatkan istilah "Fair Use" atau dalam bahasa kita "Penggunaan Wajar" yang memungkinkan kita bisa menggunakan cuplikan video orang lain meskipun berhak cipta , tetapi hanya mengambil sepersekian detik saja. Saya tidak terlalu faham betul berapa detik tapi menurut pembahasan di grup Facebook dan hasil amatan saya melihat video channel Calon Sarjana sekitar mengambil 5-10 detik saja.

Oleh karena itu admin di sini akan berbagi bagaimana cara membuat video youtube tanpa rekaman.

Membuat Konten Youtube Tanpa Rekaman Dengan Membuat Daftar Unik

membuat daftar unik tanpa rekaman video

Bagi yang terkendala karena belum mempunyai kamera atau merasa kurang pede bertatapan dengan kamera membuat konten tanpa rekaman adalah solusinya.

Setelah tau tentang Fair Use dan macam macam jenis lisensi video maka setelah itu admin akan memberitahukan bagaimana cara membuat konten youtube tanpa rekaman sendiri.

Ada 2 cara yang akan admin berikan yaitu cara aman dan cara sedikit tidak aman. Cara aman adalah dengan memanfaatkan jenis lisensi video dan cara kurang aman mengguanakan kebijakan Fair Use.

Buat Konten Youtube Memanfaatkan Jenis Lisensi Video CC0

Dalam dunia internet ada salah satu jenis lisensi yang membuat semua orang bisa menggunakan media tersebut yaitu lisensi Creative Commons 0 atau sering disebut CC0. Lisensi ini sering digunakan orang untuk membuat konten video tanpa harus rekaman , seperti Calon Sarjana dan YT Crash kadang memanfaatkan ini untuk disisipkan dimateri mereka untuk menambahkan

Terdapat banyak situs yang menyediakan banyak video gratis yang nantinya bisa diolah dan dijadikan materi konten. kalian bisa baja di website ini.

Baca Juga : 10 Website Penyedia Footage Gratis

Cara membuatnya adalah sebagai berikut.
  1. Cari materi daftar 10. Bisa di baca di listverse
  2. Download video lisensi cc0 di salah satu situs penyedia footage gratis misalnya situs pexels.
  3. Buat skrip atau text yang nanti akan direkam suaranya dan sesuaikan dengan materi.
  4. Gabungkan video cc0 di aplikasi pengolah video , diedit sesuai keinginan anda dan buat semenarik mungkin.
  5. Rekam suara berdasar skrip atau text yang sudah ditulis dan sesuaikan dengan video footage.
  6. Jika mantap dalam editing bisa langsung diexport.
  7. Export video dan bisa diupload di youtube.
  8. Selesai.
Saya tidak memberikat tutorial bagaimana cara edit videonya , kalian bisa cari sendiri di youtube atau situs tutorial lain agar lebih detail penjelasannya .

Buat Konten Youtube Memanfaatkan Fair Use

Hampir sama seperti cara diatas tetapi cara ini terkesan lebih tidak aman karena mengambil sebagian kecil video orang lain yang berhak cipta akan tetapi tidak akan terkena hukuman asal memenuhi kriteria atau sesuai dengan kebijakan google.

Mengambil video orang lain diperbolehkan digunakan kembali asal hanya cuplikannya saja atau video tidak lebih dari 10 detik. Tentunya cara ini kurang aman dan harus berhati hati mengambil videonya .

Untuk itu saya sarankan untuk kasus ini gunakan cara yang pertama saja dengan mengunduh video berlisensi CC0.

Membuat Konten Musik

membuat musik tanpa video

Bagi yang mempunyai bakat musik , membuat konten musik sangatlah cocok apalagi ditambah anda malu didepan kamera. Oleh karena itu buatlah musik saja karena hanya membutuhkan suara music dan video background saja.

Ada 2 cara yang  akan admin berikan yaitu untuk anda yang bakat dalam musik dan untuk anda yang tidak begitu pintar memainkan musik.

Membuat Konten Musik Sendiri

Yang pertama adalah untuk anda yang berbakat dalam bermusik dan minat di dunia musik.Untuk membuat sebuah karya musik anda bisa menggunakan alat musik dan handphone atau alat rekaman audio lainnya untuk merekam suara, tetapi lebih baik menggunakan software pembuat musik seperti FL Studio karena memiliki fitur yang banyak mempermudah membuat musik tanpa perlu membeli alat musik yang mahal dan banyak.

Setelah membuat rekaman musik tinggal masukan audio dan video ke dalam aplikasi editor video dan upload video ke youtube.

Mengambil Konten Musik Orang Lain

"Lho apakah boleh mengambil musik orang lain ? Bukannya itu melanggar hak cipta?". Tidak hanya video saja yang mempunyai Creative Common 0 atau CC0 , Musik pun juga sama mempunyai lisensi ini juga . Manfaatkan jenis lisensi ini dengan membuat konten video youtube tentang kumpulan musik gratis.

Unduh musik berlisensi CC0 di salah satu situs yang menyediakan seperti Sound Cloud , Audio Library Youtube dan lain-lain.

Gabungkan footage video dan musik dalam aplikasi video editor dan export video lalu upload ke channel youtube anda.

Membuat Konten Berita

membuat konten berita tanpa rekaman muka

Membuat video cuplikan berita terkini dan viral membuat channel lebih mudah berkembang namun harus konsisten melakukannya karena terlalu banyak saingan. Cari referensi berita lokal seperti Kompas, Detik dan lain-lain . Unduh footage video gratis CC0 atau foto-foto di internet yang menyangkut berita tersebut.

Edit di aplikasi editor video dan rekam suaramu sendiri dan bawakan berita yang baik agar pendengar merasa senang. Contoh channel youtube yang membuat berita ini adalah channel Youtuber Kepo. Kalian bisa contoh beliau.

Akhir Kata
Begitulah cara membuat konten youtube tanpa rekaman video , mungkin tidak lengkap saya memberikan tutorialnya karena harus dijelaskan sangat banyak dan membutuhkan banyak waktu, semoga kedepan saya buat masing masing tutorialnya.

Semoga bermanfaat apabila ada pertanyaan atau kritik bisa tulis di kolom komentar , dan jangan lupa share jika berguna bagi semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel