PanduanIT

Telegram adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antar pengguna melalui smartphone android serta ios. Dengan banyaknya aplikasi chating serupa , Telegram memiliki fitur yang lebih lengkap dan memiliki kelebihan dibanding aplikasi serupa lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan Fitur Aplikasi Telegram
 
Telegram tersedia secara gratis di smartphone android , ios dan bisa diakses melalui browser di laptop atau komputer. Kelebihan inilah yang menyebabkan Telegram sangat populer di kalangan mahasiswa dan dosen.
Banyak sekali fitur yang disediakan di aplikasi ini yang akan saya jelakan di bawah ini

Kelebihan & Kekurangan Fitur Telegram

Telegram memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki aplikasi sosial media lain. Fitur yang disediakan memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dan berinteraksi , berikut adalah fitur yang disediakan aplikasi Telegram.

Fitur – Fitur Aplikasi Telegram

A. Personal Chatting

Sama seperti aplikasi chatting lainnya Telegram memiliki fitur yang berguna untuk komunikasi antar pengguna secara perorangan. Memungkinkan pengguna mengirim pesan , video , pesan suara , file presentasi dan dokumen serta bisa juga mengirim gambar dan stiker.

B. Secret Chat

Secret merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki Telegram. Dalam Secret Chat atau “Chat Rahasia” ini dilakukan dengan mengundang salah satu teman di kontak kita dan berkomunikasi secara rahasia dengannya. Pada Secret Chat ini dibekali dengan kemanan yang bagus yaitu encryption end-to-end dan pesanpun tidak dapat diforwarding atau teruskan ke chat lain.

C. Group Chatting

Telegram memungkinkan kita chatting atau berkomunikasi dengan banyak orang secara bersamaan dengan membuat sebuah group chatting dan bisa berisi lebih dari 2 orang.

D. Membuat Dan Mengikuti Channel

Telegram mempunyai fitur penyedia informasi seperti koran atau berita tapi disajikan dalam bentuk online. Semua pengguna Telegram dapat membuat sebuah Channel untuk berbagi informasi. Dalam fitur channel ini hanya pembuat Channel saja yang bisa mempublikasikan sebuah informasi , dan yang subscribe atau berlangganan ke Channel hanya bisa melihat atau membaca informasi saja.

E. Fitur Calls atau Menelpon

Sama seperti media sosial chatting lain fitur telepon ke sesame pengguna Telegram digunakan untuk berbicara secara langsung layaknya telepon pada umumnya.

F. Saved Messages

Keunggulan lain dari aplikasi Telegram yaitu dapat menyimpan pesan dalam satu tempat yaitu di Saved Messages. Bila terdapat pesan , link , gambar atau video yang menurut pengguna penting bisa forward atau “diteruskan” ke Saved Messages.

Kelebihan & Kekurangan Aplikasi Telegram

Pada sebuah aplikasi pasti ada kelebihan dan kekurangannya , pada aplikasi Telegram berikut kelebihan dan kekurangannya.

A. Kelebihan Aplikasi Telegram

  • Berbasis Cloud sehingga gambar atau video yang terunduh tidak masuk ke penyimpanan telepon
  • Multi Platform yaitu aplikasi Telegram dapat berjalan di Mobile maupun Desktop.
  • Keamanan data terjamin karena di aplikasi Telegram terdapat fitur Secret Chat yang bisa menjaga privasi penggunanya.
  • Group dapat memuat banyak anggota, tidak seperti aplikasi chatting lainnya , Telegram bisa menampung banyak anggota dari suatu group chat.
  • Berbagi file yang tak terbatas . Telegram tidak membatasi pengguna mengirim file.
  • Adanya asisten buatan atau Bot yang dapat membantu admin sebuah group mengkoordinasi group dan membalas pesan secara otomatis.
  • Memberi PINED pada group chat agar pesan dapat dilihat tanpa harus repot scroll ke atas.
  • Terdapat stiker yang unik dan bisa dibuat sendiri.

B. Kekurangan Aplikasi Telegram

  • Tidak terdapat Video Call.
  • Tidak ada fitur stories.

Kesimpulan

Telegram merupakan aplikasi sosial media yang digunakan untuk chatting atau berkomunikasi antara 2 orang atau lebih yang memiliki kelebihan dalam keamanan data privasi pengguna serta tidak menguras penyimpanan memori karena berbasi Cloud.
 
Jadi itulah kelebihan dan kekurangan fitur yang dimiliki Telegram menurut admin panduanit , semoga bermanfaat dan berguna bagi pembaca semuanya amin.
kunjungi kotaktekno.com untuk mengetahui tips telegram yang lengkap dan berguna.

9 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Windows

7 Kelebihan Dan Kekurangan Laptop

6 Kelebihan Dan Kekurangan SSD

4 Kelebihan dan Kekurangan Kamera Polaroid

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Whatsapp

Kelebihan Dan Kekurangan Kursus Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *