PanduanIT

Penggunaan kuota di era handphone android memang terkesan cukup boros karena tidak sedikit aplikasi yang membutuhkan data internet yang banyak seperti instagram, facebook app, youtube, dan lain lain.

Seperti yang sudah pernah saya alami rata rata setiap kita lihat instagram dan setiap feed foto di beranda kira kira menghabiskan data internet sebanyak 1 mb , Apalagi ketika memutar sebuah video di internet lewat instagram ataupun youtube , auto boros dan kuota akan mudah sekali habis.

Nah kali ini admin akan memberikan tips bagaimana cara menghemat paket internet atau paket data versi admin agar supaya kuota kalian tidak cepat habis.

Tips Menghemat Kuota Data Anda Agar Tidak Cepat Habis

Menghemat Kuota Agar Tidak Cepat Habis

mulailah hidup hemat kuota dengan melakukan cara yang akan admin berikan di bawah ini .

Menggunakan Aplikasi Serba Lite

Tips pertama adalah menggunakan aplikasi dengan nama akhiran LITE seperti FB Lite , Line Lite, Messenger Lite , Twitter Lite , dan lain lain. 
Cara pertama Tips Menghemat Kuota Data Anda Agar Tidak Cepat Habis
Dengan menggunakan aplikasi ini serba lite ini menjadikan kuota atau paket data kalian tidak mudah habis karena penggunaan data yang sedikit. Jika ingin streaming atau melihat video online admin sarankan menggunakan Youtube Go karena bisa streaming dengan mengetahui jumlah data yang akan terpakai dan bisa di download.

Jangan Streaming Youtube atau Video

Tips kedua jangan sering menonton video youtube atau streaming dengan kuota , karena streaming video lebih banyak menggunakan data ketimbang melihat gambar gambar di internet dan banyaknya penggunaan data bisa dihitung melalui kualitas video di settingan youtube dan durtasi video.
Penggunaan untuk streaming youtube yang boros pengeluaran data bisa diatasi dengan menginstall Youtube Go karena bisa mengetahui jumlah data yang akan digunakan ketika ingin melihat video.

Set Limit Paket Data

Selanjutnya adalah dengan memberikan limit data pada penggunaan kuota perharinya . Di xiaomi sudah ada aplikasi bawaan ini di menu setting yaitu Data Usage Setting , di sini bisa membatasi batas penggunaan data dalam sehari contoh 1 hari dibatasi dengan 100mb pemakaian data , juga bisa mematikan data pada aplikasi tertentu.
Jika tidak menggunakan xiaomi di hp android juga pasti mempunyai fitur pembatasan data atau usage data limit ini. Atau jika tidak ada gunakan penghemat kuota dari google yang bisa di install di hp android yaitu  Datally .

Pakai Wifi Untuk Download atau Pakai Paket Malam

Untuk update aplikasi terbaru di Play Store usahakan download menggunakan Wifi gratis atau gunakan paket malam yang biasa disediakan oleh salah satu kartu perdana. Tidak hanya update aplikasi saja , download apapun di internet usahakan menggunakan wifi supaya menhemat data.
Gunakan wifi untuk menghemat data kuota
Admin ada trik wifi gratis di wifi corner khusus pengguna kartu Telkomsel dengan mengandalkan flashzone seemless yang biasanya terdapat di wifi corner. Trik ini bisa dibaca di salah satu halaman website ini.

Non Aktifkan Sinkronisasi dan auto backup internet

Setelah melakukan cara cara di atas tetapi data masih saja boros sekali pastikan cek sinkronisasi apakah aktif atau tidak , jika aktif maka admin sarankan di non aktifkan karena sinkronisasi atau sync akan membutuhkan data kuota yang banyak.
Non Aktifkan Sinkronisasi atau SYNC
Sync sendiri seperti mendownload berbagai media di akun google atau akun perangkat hp yang dulu telah dibackup . Jika ingin sync atau sinkronisasi pastikan menggunakan wifi.
Non Aktifkan juga fitur backup seperti Google Drive , Google Photos dan lain-lain karena backup membutuhkan banyak kuota data untuk mengupload atau menyimpan data di internet. Disarankan membackup file menggunakan wifi juga.

Gunakan Browser Yang Hemat Data

Yang terakhir adalah dengan menggunakan browser penghemat data seperti UC Browser, Firefox Rocket dan lain lain. Karena browser website itu mempunyai banyak fitur seperti menghemat data dan memblock gambar maka sangat sarankan kalian untuk menginstallnya.

Kesimpulan

Hematlah data dengan cara menginstall aplikasi lite dan penghemat data lain serta jangan lupa matikan sinkronisasi atau sync di perangkat android dan gunakan set data limit atau pembatas penggunaan data.

Seperti itulah tips menghemat kuota data agar tidak cepat habis menurut admin . Apabila ada trik lain kalian bisa juga komentar di bawah ya.

Kalau ada pertanyaan kritik masukan dan lain lain bisa berkomentar di bawah juga. Sekian.

Mengatasi Virus Redirect Thegoodcaster Malware

6 Website Download Video Drone (Gratis & Berbayar)

Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Melihat Profil Instagram Saya

Membuat Stiker Pack Whatsapp Sendiri Di Android

Menghilangkan Semua Iklan Xiaomi MIUI 11

Cara Mematikan Auto Play Instagram Supaya Hemat Kuota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *